Anies Berencana, Pemda Jakarta Jaring Aspirasi Warga pada Selasa Pertama setiap Bulan

Mantan Menteri Pendidikan ini menjelaskan salah satu janjinya, yaitu kesempatan warga menyampaikan aspirasi di hari selasa pertama tiap bulannya.

Bekasi - Ada yang berbeda dalam acara Bincang Inspiratif di siaran Radio Silaturahim (Rasil). Radio yang berfrekuensi 720 KHz ini menghadirkan salah satu cagub Jakarta, Anies Baswedan. Bertempat di Jalan Silaturahim, Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat, Anies secara terbuka berbincang dan menanggapi berbagai pertanyaan selama 1,5 jam di salah satu radio Islam tersebut, Kamis (8/12/2016).

Dalam kesempatan tersebut, Anies kembali menekankan pentingnya pendidikan bagi kesejahteraan dan kebahagiaan warga Jakarta. Beberapa permasalahan klasik ibukota Indonesia ini pun dibahas dengan cukup baik, seperti kemacetan, banjir, kesehatan, maupun akses air bersih.

Mantan Menteri Pendidikan inipun menjelaskan pula salah satu janjinya, yaitu kesempatan warga menyampaikan aspirasi di hari selasa pertama tiap bulannya. "Seluruh kantor pemerintah akan dibuka, seluruh aparat dan pemda harus turun ke masyarakat, dengarkan aspirasi warga," terang Anies.

Berdasarkan pengalamannya menyusuri ibukota, Anies menilai bahwa banyak permasalahan di Jakarta tidak cukup didengar dengan telinga atau dibaca dengan mata. "Tapi kebanyakan masalah di sini harus didengarkan dengan hati. Karena itu, pemerintah harus siap untuk mendengarkan, terbuka dan transparan," tegas Mantan Menteri Pendidikan ini.

Pemerintah, imbuh Anies, harus mampu mengumpulkan masalah. Karena itulah, program menjaring aspirasi di setiap bulan ini menjadi penting untuk dilakukan. "Karena tugas pemerintah adalah menyelesaikan masalah. Kalau mau jadi pejabat publik harus siap tanggung jawab. Kalau tidak mau repot, jangan jadi pejabat publik," ujar Anies lebih lanjut.

Anies kembali menggariskan bahwa program ini akan meningkatkan interaksi antar warga dengan pemerintah. Penggagas Indonesia Mangajar ini tidak lupa memanfaatkan teknologi dalam rangka mendukung penjaringan aspirasi tersebut. "Saya berencana akan ada aplikasi di telepon genggam kita, agar setiap orang mengetahui apa saja program pemerintah. Dengan demikian, setiap dari warga Jakarta akan mengawasi kinerja pemerintah dan Pemerintah telah menjalankan tungsi transparansinya," tutup Anies. (RID)

 


Anies-Sandi Media Center

Penulis : Ridha Intifadha

Fotografer Adi Fikri

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.