Anies: Debat Kesempatan Warga Melihat Kami Apa Adanya

Calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan, mengatakan kehadirannya pada debat resmi yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta bukan sekedar melakukan kewajiban sebagai kontestan pada Pilkada DKI 2017.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan, mengatakan kehadirannya pada debat resmi yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta bukan sekedar melakukan kewajiban sebagai kontestan pada Pilkada DKI 2017.

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, pelaksanaan debat merupakan hak warga Jakarta untuk mengetahui program-program dari para pasangan calon yang bertarung dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Saya memandang hadir debat bukan kewajiban, melainkan untuk memenuhi hak warga untuk kenal cagubnya. Jadi saya enggak mau datang sekedar karena wajib, kesannya terpaksa," kata Anies di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan, Jumat (13/1/2017).

Anies mengaku tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi debat kali ini. Menurut dia, debat yang selama ini telah didatanginya merupakan pengalaman yang bisa diambil untuk menghadapi debat malan nanti.

"Bagi saya, buat orang yang belum pernah hadir debat ini menjadi sesuatu yang luar biasa, tapi kalau sudah datang debat biasa aja," kata dia.

Anies menyampaikan, dirinya bersama pasangannya Sandiaga Uno akan tampil di debat tersebut dengan apa adanya. Menurut dia, setiap pasangan calon yang mengikuti kontestasi Pilkada DKI 2017, harus siap kapan pun menjawab pertanyaan mengenai permasalahan di Jakarta.

"Saya ingin menyampaikan bawa debat itu bukan theater, bukan drama. Jadi tampil apa adanya. Ini kesempatan warga melihat kami apa adanya," kata Anies.

Debat pertama cagub-cawagub DKI Jakarta yang diselenggarakan KPU DKI akan digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat malam ini mulai pukul 20.00 sampai dengan 22.00 WIB.

Debat itu akan disiarkan langsung oleh TV One, Net TV, dan Jawa Pos TV. Berdasarkan data dari KPU Provinsi DKI Jakarta, panelis debat yang akan dihadirkan adalah Imam B Prasodjo, Aceng Rahmat, Yayat Supriyatna, dan Enny Sri Hartati.

KPU DKI Jakarta akan menggelar tiga kali debat pada masa kampanye Pilkada DKI 2017. Selain tanggal 13 Januari ini, debat juga akan dilaksanakan pada 27 Januari dan 10 Februari 2017.

Setiap debat akan disiarkan langsung oleh beberapa stasiun televisi secara bergantian. Pasangan cagub dan cawagub yang akan berdebat adalah Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Sumber: http://megapolitan.kompas.com/read/2017/01/13/15291021/anies.debat.kesempatan.warga.melihat.kami.apa.adanya

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.