Anies Wajibkan Mata Kuliah Antikorupsi

Mas Anies mengajak anak muda untuk turun tangan dalam menuntaskan PR negara ini, salah satunya adalah pemberantasan korupsi.

Nama Anies Baswedan akrab bagi pemuda di seluruh tanah air. Kemampuannya dalam menggerakkan anak muda dalam kegiatan Indonesia Mengajar dan Turun Tangan patut diacungi jempol. Mas Anies mengajak anak muda untuk turun tangan dalam menuntaskan PR negara ini, salah satunya adalah pemberantasan korupsi.

Mas Anies merupakan tokoh lama yang telah memperjuangkan pemberantasan korupsi di Universitas Paramadina dan Kemendikbud. Ketika menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina, Mas Anies mewajibkan mata kuliah antikorupsi. Meskipun di beberapa perguruan tinggi sudah ada mata kuliah antikorupsi, namun bersifat pilihan. Di Universitas Paramadina, Mas Anies membuatnya menjadi mata kuliah yang wajib diikuti setiap mahasiswa. Jadi, setara dengan MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum) dan bersifat wajib tempuh.

Baginya, korupsi terjadi karena ada kemauan dan kesempatan untuk korupsi. Kemauan terkait dengan etika masing-masing individu, Sementara itu, kesempatan menyangkut sistem. Sehingga kalau ingin bebas korupsi, etika dan sistem harus kita bangun secara bersamaan. Korupsi di Indonesia bisa diberantas dengan metode yang benar yang dijalankan secara konsisten dan terus-menerus.

Mata kuliah wajib anti korupsi yang digagas oleh Mas Anies diresmikan pada Juni tahun 2008 sehingga Universitas Paramadina menjadi satu-satunya universitas yang mewajibkan mata kuliah anti korupsi.

Link terkait :

http://www.antikorupsi.org/en/content/anies-baswedan-tentang-kuliah-antikorupsi-di-universitas-paramadina