Anies-Sandi Harapan Jakarta

Oleh: Muhammad Husnil

Ketika dirundung banyak masalah, ingatlah salah satu firman Allah agar kita jangan berputus asa (QS.Yusuf: 87). Di ayat lain, Allah berfirman bahwa di balik kesusahan terdapat kemudahan (Al-Insyirah: 5-6).

Ini artinya kita mesti selalu memiliki harapan. Harapan adalah motor penggerak kehidupan. Dalam konteks Jakarta ini, Anies-Sandi memberikan harapan agar Jakarta menjadi kota yang maju dan dihuni oleh warganya yang bahagia.

Tak ada kecemasan di sana, tak ada nada ancaman. Adanya harapan. Harapan agar Jakarta menjadi lebih baik. Karena sebagai pemimpin, Anies-Sandi menawarkan kita untuk menjadi lebih berdaya.

Sebagai pemimpin, kelak mereka bersama kita melakukan perubahan. Mereka mengajak kita, mereka tidak memerintah kita.

Bisa kita simak dari program-program yang ditawarkan, OK OCE adalah program yang lahir dari kebutuhan warga Jakarta yang kekurangan lapangan pekerjaan. Dengan ikut OK OCE, bahkan seorang ibu rumah tangga bisa menghasilkan pemasukan untuk keluarganya. Dia akan dibimbing dan akan diberikan kesempatan untuk terus berkembang.

Bagi mereka yang memiliki anak usia sekolah, tapi terpaksa tak bisa bersekolah karena harus mencari kerja, Anies-Sandi memberikan KJP Plus. Dengan KJP Plus, mereka bisa tetap mendapatkan akses pendidikan berkualitas dan tuntas. Mereka akan diberikan fasilitas pendidikan yang bisa membuat diri mereka lebih baik, dari sisi kemampuan maupun pengetahuan. Jika anak anda berbakat di dunia musik, misalnya, maka KJP Plus bisa digunakan untuk membiayai kursus di sekolah musik. Satu hal yang tak ada di KJP sekarang. Padahal jumlah anak usia sekolah yang tak bisa bersekolah di Jakarta sebanyak 35%. Bayangkan, di ibu kota Jakarta saja, masih ada anak yang tak bisa menamatkan sekolahnya sampai SMA.

Bagi para pekerja yang harus bergonta-ganti kendaraan, Anies-Sandi memberikan program OK OTrip. Ddengan Rp.5.000 anda bisa bergonta-ganti dari angkot, kopaja, Transjakarta, angkot kembali. Cukup sekali bayar.

Bagi warga tidak mampu, bahkan yang pekerjaannya tidak tetap, Anda tetap bisa memiliki hunian. Anies-Sandi memiliki program DP 0. Dengan program ini, impian Anda memiliki hunian di Jakarta bisa tercapai.

Bagi warga kampung-kampung di Jakarta, Anda tak usah risau. Anies-Sandi takkan menggusur. Anies-Sandi hanya akan menata perkampungan Anda. Kampung yang sekarang ini ditata agar lebih sehat dan lebih nyaman ditempati.

Bagi mereka yang tinggal di pinggir sungai, mari kita ajak para arsitek dan ahli tata kota untuk membangun kampung yang sesuai dengan karakteristik lingkungan. Mari kita jadikan Kampung Tongkol, Pademangan, Jakarta Utara, sebagai contoh nyata bahwa tanpa penggusuran pun kampung di Jakarta bisa lebih tertib dan tak mengganggu aliran sungai.

Bagi para nelayan, Anda tak usah galau. Anies-Sandi berkomitmen takkan meneruskan proyek reklamasi. Terhadap keputusan PTUN yang membatalkan pulau reklamasi, Anies-Sandi takkan mengajukan banding. Peruntukan pulau-pulau itu akan difokuskan bagi publik luas, entah itu dijadikan kampung nelayan maupun dijadikan sebagai hutan mangrove.

Bagi para pengusaha, Anda tak usah risau. Iklim investasi dan usaha akan lebih stabil ditangani dua pemimpin Jakarta yang bisa berdialog dan bernegosiasi.

Bagi para buruh di Jakarta, anda bisa tenang. Anies-Sandi akan senantiasa memperjuangkan hak-hak Anda.

Bagi para pegiat dan aktivis, Anda bisa mengkritik dengan kencang dan lantang. Jika diniatkan untuk kebaikan publik, Anies-Sandi bersedia berdialog dengan siapa saja dan kapan saja.

Mari kita menjaga harapan agar Jakarta menjadi kota kita bersama, tempat di mana kita hidup dan tempat di mana kita mencari penghidupan. Mari kita hidup-hidupi Jakarta dengan harapan. Karena harapan itulah yang menjadi motor penggerak kehidupan.

Bersama Anies-Sandi kita jadikan Jakarta sebagai kota yang maju dan dihuni warga yang bahagia.

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.