Blak-Blakan Kolaborasi Anies-Sandi untuk Jakarta Maju dan Bahagia

Jakarta - Bertempat di Markas detik.com, Gedung Aldevco Octagon, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, pasangan cagub-cawagub Anies -Sandi dalam acara blak-blakan bersama cagub cawagub DKI Jakarta, Rabu siang (7/12/2016). Dalam acara tersebut, masyarakat sendiri dapat berpartisipasi aktif dengan memberikan tanggapan melalui berbagai media sosial, seperti twitter, instagram maupun detikforum. Acara blak-blakan yang dilaksanakan sejak siang hingga sore tersebut juga dapat disaksikan secara online di situs detik.com.

Dalam diskusi yang berlangsung hangat ini, Anies Sandi kembali menjabarkan beberapa program kerja khas mereka, mulai dari cuti bagi suami ketika istri melahirkan, OKOC (One Kecamatan One Center) untuk pelatihan wirausaha, stabilitas harga bahan pokok, hingga pengaturan trayek alat transportasi massal seaa strategis. Selain memaparkan beberapa program kerja unggulan mereka, terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat melalui berbagai akun di detik forum.

Akun bernama Blueray di detik forum salah satunya menanyakan tentang mafia dan preman yang marak di Jakarta. Menanggapi fakta tersebut, Anies menjawab bahwa mereka yang melakukan kejahatan akan ada catatannya dan dapat diketahui oleh berbagai sektor. "Sehingga mereka yang memiliki catatan baik, akan dikenal baik. Sebaliknya juga ketika ada catatan bermasalah," terang Anies.

Pertanyaan lainnya disampaikan akun Gifdul di situs detik forum yang mengeluhkan oknum PNS nakal di Jakarta. Sandi kemudian menjawab pertanyaan tersebut dengan menceritakan pengalaman masing-masing yaitu dirinya di bidang wirausaha dan pasangannya, Anies di komite etik di KPK. "Saya sendiri ketika ada yang berprestasi akan diapresiasi, yang kurang akan dilatih dan yang buruk akan di-cut. Tidak ada ampun," jawab Sandi yang kemudian disambut Anies bahwa mereka akan tegas dan tanpa harus mencaci maki.

Aspirasi lainnya yang dihimpun oleh media detik berasal dari generasi milenial atau pemilih pemula di Jakarta. Mereka berharap Jakarta dapat berkembang secara lebih baik dengan latar belakang Anies di sektor pendidikan dan Sandi di sektor ekonomi. Hal ini ditanggapi oleh Anies dan Sandi bahwa generasi milenial adalah generasi yang berfokus pada perkembangan digital dan teknologi. Karena itulah, salah satu fokus paslon bernomor urut 3 adalah kenyamanan dan kebahagiaan mereka, khususnya dalam koneksi melalui tranportasi dan pekerjaan.

"Saya dan mas anies komitmen utk menghadirkan lapangan pekerjaan buat warga jakarta agar mereka membawa masa depan yang cerah," sambung Sandi.

Paslon Gubernur nomor 3 ini juga akan menghadirkan solusi bagi harga sembako yang terjangkau. "Kami memiliki pengalaman untuk menekan cost, untuk memastikan adanya pasokan, untuk memastikan biaya hidup agar tidak mahal," imbuh Sandi menegaskan.

Forum diskusi yang berlangsung hampir 1,5 jam tersebut diakhiri dengan pernyataan bahwa pasangan pengusung salam bersama ini saling melengkapi. Sandi awalnya menceritakan perjalanan 10 bulan di ibukota dan memetakan permasalahan warga adalah lapangan pekerjaan dan biaya hidup.

"Saya dan Mas Anies komitmen untuk menghadirkan lapangan pekerjaan buat warga jakarta agar mereka membawa masa depan yang cerah. Dan kami menghadirkan solusi bagi harga sembako. Kami memiliki pengalaman untuk menekan cost, untuk memastikan adanya pasokan, untuk memastikan biaya hidup agar tidak mahal," terang Sandi

Akan tetapi, Sandipun menceritakan bahwa ia tidak dapat menjawab permasalahan aksesbilitas dan kualitas pendidikan. Di Jakarta Karena itulah, salah satu pengusaha sukses Indonesia ini mengajak Anies sebagai seorang tokoh pendidikan dunia yang akan melengkapi dirirnya. Aniespun mengamini pernyataan Sandi tersebut. "Pendidikan dasar menengahnya disiapkan, kita siapkan latihannya, Bang Sandi tadi akan dorong lapangan kerjanya, maka besok Jakarta akan tumbuh menjadi kota yang maju dan sejahtera," tutup Anies yang disambut riuh tepuk tangan.



Anies-Sandi Media Center

Penulis : Ridha Intifadha
Fotografer : Adi Fikri

Unduh foto-foto resolusi tinggi (Google Drive).

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.