Cara Tim Anies Hadapi Hoax: Kami Jawab dengan Gagasan

Banyaknya informasi hoax di media sosial membuat tim cyber tiap pasangan harus mengatur strategi untuk menghadapinya. Salah satunya seperti yang dilakukan timses pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Jakarta - Banyak informasi dan berita hoax bertebaran di media sosial pada Pilgub DKI 2017. Informasi tersebut menyerang pasangan cagub-cawagub. Banyaknya informasi hoax di media sosial membuat tim cyber tiap pasangan harus mengatur strategi untuk menghadapinya. Salah satunya seperti yang dilakukan timses pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. 

Anggota tim cyber Anies, Geisz Chalifah mengatakan, untuk menghadapi serangan informasi hoax ataupun kampanye hitam di media sosial, timnya memilih menanggapi dengan gagasan. Mereka juga tidak membalas hal-hal yang bersifat fitnah.


Kami memberi penjelasan tentang konteks substansi. Kami tidak membalas mereka yang bicara fitnah atau tendensi negatif. Kami tetap memberikan gagasan-gagasan


"Kami memberi penjelasan tentang konteks substansi. Kami tidak membalas mereka yang bicara fitnah atau tendensi negatif. Kami tetap memberikan gagasan-gagasan," kata Geisz saat berbincang dengan detikcom, Selasa (3/1/2017).

Selain itu, Geisz mengatakan mendapat titipan pesan dari Anies Baswedan, yakni menjadikan Pilkada sebagai edukasi. Sebab itu, jika menemukan informasi hoax tentang Anies ataupun Sandiaga, tim akan menjelaskan dengan substansi fakta dan tidak membandingkan dengan info hoax.

"Kami kalau terjadi berita hoax kami beri jawaban, tapi tidak lantas memberikan sandingan dengan berita negatif lainnya. Sejak awal Pak Anies bilang ini bukan sekadar kampanye. Ini adalah masanya kita bekerja bersama menjadikan Pilkada sebagai pendidikan politik. Semua lawan adalah teman dalam berdemokrasi," jelasnya.

Untuk menangkal berita dan informasi hoax, peran aktif tokoh pendukung pasangan Anies-Sandi di media sosial juga ikut membantu. Salah satunya seperti yang dilakukan juru bicara Anies-Sandi, Pandji Pragiwaksono, yang juga seorang stand-up comedian.

"Teman-teman yang sama idealisme, seperti Pandji, banyak memberikan hal tentang Anies. Baik di Twitter maupun di video. Relawan juga menjadi tim cyber Anies-Sandi. Intinya, kami tidak ingin kampanye berupa fitnah," pungkas Geisz. 

(nkn/nkn)


Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3387063/cara-tim-anies-hadapi-hoax-kami-jawab-dengan-gagasan

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.