Cerita Anies Baswedan Soal Persahabatan Sang Kakek dan Agus Salim

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Terpilih, Anies Rasyid Baswedan, menceritakan salah satu kenangan dari hobi membacanya saat kecil. Anies membaca buku biografi tentang tokoh nasional Agus Salim dan terkesima dengan gagasan serta tutur katanya.

Anies lantas terkejut setelah mengetahui bahwa kakeknya yang juga tokoh nasional, AR Baswedan bersahabat dengan Agus Salim. Bahkan dia tidak tahu bahwa seorang perempuan yang kerap berkunjung ke rumahnya dan dia panggil dengan sebutan 'Ibu Tua' adalah putri sulung Agus Salim.

"Saya kecil suka membaca buku biografi. Salah satunya baca buku biografi tentang Haji Agus Salim. Waktu saya baca, saya nggak tahu kalau Ibu Tua yang sering ke rumah adalah anak perempuan Agus Salim," kata Anies.

Cerita itu disampaikan Anies dalam acara peluncuran buku biografi Agus Salim karangan Haris Priyatna berjudul The Grand Old Man di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (1/6/2017).

Anies baru tahu bahwa terjalin persahabatan antara kakeknya dan Agus Salim saat beranjak dewasa. Ia mengaku kerap mengantar-jemput neneknya bersilaturahmi ke kediaman keluarga Agus Salim.

"Saya antar nenek rutin silaturahim. Begitu juga kalau beliau (Ibu Tua, red) datang ke rumah. Persahabatan yang terbangun di zaman perjuangan ini kami diteruskan," ucap Anies.

Anies mengagumi sosok Agus Salim sebagai diplomat Indonesia di jaman kemerdekaan. Dia mengungkapkan jasa Agus Salim mengantarkan Indonesia menjadi negara yang diakui kemerdekaannya di mata dunia, pada masa lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Agus salim membawa Indonesia pada puncak merdeka dan meraih pengakuan dunia internasional. Ini menurut saya kekuatan Agus Salim," ungkap Anies.
(aud/imk)

 

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3517762/cerita-anies-baswedan-soal-persahabatan-sang-kakek-dan-agus-salim

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.