Debat Putaran Kedua, KNTI Apresiasi Keberpihakan Anies-Sandi pada Nelayan

Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) mengapresiasi pemaparan calon gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan, saat debat Pilgub DKI putaran kedua.

JAKARTA – Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) mengapresiasi pemaparan calon gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan, saat debat Pilgub DKI putaran kedua.

Menurut Ketua Pengembangan Hukum KNTI, Marthin Hadiwinata, pemaparan Anies terkait data statistik yang menghilangkan pekerjaan nelayan dari Jakarta patut diapresiasi.

?"Realitas di lapangan nelayan mengalami penyingkiran sistematik dengan cara menghilangkan profesi nelayan dalam statistik bahkan dalam pengurusan pembaharuan KTP," kata Marthin dalam pesan singkatnya kepada Okezone, Kamis (13/4/2017).

Selain itu, sambung Marthin, dari hasil data di lapangan, saat ini nelayan kehilangan identitasnya atau profesi yang mengandalkan laut sebagai mata pencahariannya.

"Berdasarkan pengakuan komunitas nelayan tidak bisa mengajukan nelayan sebagai identitas pekerjaannya," tandasnya.

Di sisi lain, Menurut Marthin, jawaban calon Gubernur petahana, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada debat publik Pilgub DKI putaran kedua justru mengindikasikan ketidakberpihakannya pada nelayan.

?"Sebagai petahana, Ahok tidak pernah melakukan sedikit pun upaya melindungi nelayan. Yang ada malah nelayan akan dibuat kesulitan karena perizinan reklamasi terbit tanpa ada partisipasi nelayan," jelas Marthin.

Ia menjelaskan, pernyataan Ahok terkait dibuatnya pulau reklamasi untuk kehidupan para nelayan pesisir utara Jakarta hanya kedok pencitraan. Padahal, sambung ?Marthin, pulau reklamasi ditujukan hanya untuk para pengusaha.

"Ahok berhalusinasi dengan mengatakan kalau ada hak nelayan tinggal di pulau-pulau reklamasi. Pulau reklamasi ditujukan untuk pengembang. Itu bisa dilihat dari izin reklamasi yang dibuat dengan peruntukan 5% bagi Pemprov," tutupnya.

(erh)

Sumber: http://news.okezone.com/read/2017/04/13/338/1666756/debat-putaran-kedua-knti-apresiasi-keberpihakan-anies-sandi-pada-nelayan

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.