Gemilang! Anies-Sandi Rajai Polling Debat Final di Mana-Mana

Setelah digelarnya debat, ada berbagai polling yang dilakukan banyak pihak, termasuk sejumlah media massa dengan responden para netizen di jagad linimasa.

Jakarta -  Debat-debatan antara pasangan calon (paslon) Pilkada DKI Jakarta 2017 Anies Baswedan-Sandiaga Uno vs Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat kelar sudah. Soal adu program, sepertinya enggak ada yang baru juga dari paslon penantang maupun petahana – hanya penegasan.

Namun setidaknya debat resmi yang dihelat KPU pada Rabu 12 April 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta, jadi panggung terbuka terakhir Anies-Sandi dan Ahok-Djarot untuk bersama-sama mensosialisasikan lagi visi-misi maupun program mereka lewat layar kaca.

Tentu buat warga DKI, sudah tahu ya apa saja yang mereka debatkan semalam. Kalaupun ada yang melewatkan, disarankan Anda buka-buka lagi aja Youtube atau media-media sosial (medsos) lainnya yang menampilkan tayangan ulangnya.

Yang menarik setelah digelarnya debat, adalah soal berbagai polling yang dilakukan banyak pihak, termasuk sejumlah media massa dengan responden para netizen di jagad linimasa. Menariknya lagi, mayoritas netizen memenangkan Anies-Sandi!

Ini yang bisa jadi tolok ukur tersendiri, meski baik masyarakat umum maupun masing-masing simpatisan atau pendukung, saling mengklaim siapa yang unggul pada debat yang kembali dipandu presenter cantik Ira Koesno tersebut.

Seperti yang dilakukan Okezone.com di akun Twitter resmi @okezonenews. Netizen dilayangkan polling dengan pertanyaan: “Setelah melihat pemaparan 2 Paslon dalam Debat Final Putaran Kedua Pilgub DKI, menurut Anda siapa pemenang Debat malam ini?"

Polling yang dibuka sejak Rabu 12 April hingga Kamis (13/4/2017) per pukul 17.00 WIB dengan menjaring 15 ribu votes, hasilnya yang memilih Anies-Sandi 73% dan Ahok-Djarot 27%.

Sementara Sindonews.com di akun Twitter-nya @SINDOnews, melayangkan polling dengan pertanyaan: “Debat Final Pilkada DKI 2017, Menurut anda siapakah paslon yg layak menjadi Gubernur DKI selanjutnya? #DebatPilkadaDKI #debatfinalpilkadadki”

Hasilnya per Kamis (13/4/2017) pukul 15.00 WIB dari 8.600 votes yang masuk, Anies-Sandi juga unggul 68%, sementara Ahok-Djarot hanya 32%. Begitupun di berbagai media cetak, maupun elektronik lainnya, di mana Anies-Sandi turut merajai polling.

Begitupun lembaga survei KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia). Disebutkan pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio, tren keunggulan Anies-Sandi juga nampak di hasil survei KedaiKOPI.

“Kalau dilihat dari survei KedaiKOPI, Anies 70 (persen) dan Ahok sisanya. Debat menarik saat komunitas bertanya dan pertanyaan dari komunitas itu, tampak Ahok-Djarot cukup kerepotan untuk menjawab,” tutur Hendri kepada Okezone, Kamis (13/4/2017).

Mungkin itu jadi faktor tersendiri mengapa polling untuk Ahok minim. Belum lagi ketika debat final itu membahas soal soal transportasi, rumah susun (rusun) dan reklamasi. Selain lebih dari sekali minta maaf, raut muka Ahok cukup tegang.

"Tiga hal tadi transportasi, rumah susun dan reklamasi yang tidak terlalu mudah dijawab oleh Ahok dan baru sekali ini saya melihat muka Ahok cukup tegang beberapa kali meminta maaf,” imbuhnya.

Bisa jadi hasil siapa yang menang dalam debat itu juga jadi cerminan siapa yang akan menang pada 19 April 2017 – hari H pencoblosan putaran kedua Pilkada DKI. Tapi tentu juga kita harus ingat, siapapun yang menang jangan besar kepala dan yang kalah harus lapang dada. (raw)

Sumber: http://news.okezone.com/read/2017/04/13/338/1666788/fokus-gemilang-anies-sandi-rajai-polling-debat-final-di-mana-mana

 

Hasil polling lainnya:

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.