IJP: Anies-Sandi Menang Dua Putaran di Pilkada Jakarta

Pengamat politik, Indra J Piliang (IJP) membahas posisi Anies-Sandi dalam kontes pilgub DKI Jakarta 2017.

Pengamat politik, Indra J Piliang (IJP) membahas posisi Anies-Sandi dalam kontes pilgub DKI Jakarta 2017. Peneliti senior dan dewan penasehat The Indonesian Institute itu yakin pilgub Jakarta nanti akan berlangsung dua putaran dengan Anies-Sandi sebagai pemenangnya.

“Jika biasanya paslon dengan suara terbanyak di putaran pertama, di putaran kedua pasti menang. Anies-Sandi beda cerita. Jika Anies-Sandi masuk putaran kedua dengan suara terendah, di putaran kedua Anies-Sandi pasti menang. Karena suara dari paslon yang kalah dalam putaran pertama akan lari ke Anies-Sandi di putaran kedua,” kata Indra dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh relawan Anies-Sandi bersama warga Batu Ceper di Pendopo Relawan #2, Batuceper, Jakarta Pusat (24/12/2016).


Peneliti senior dan dewan penasehat The Indonesian Institute itu yakin pilgub Jakarta nanti akan berlangsung dua putaran dengan Anies-Sandi sebagai pemenangnya


Menanggapi posisi Anies-Sandi dalam hasil survei yang dirilis belakangan oleh beberapa lembaga survei, Indra mengatakan rata-rata hasil tersebut masih anomali. Bercermin pada survei pilpres 2014 yang menunjukkan Prabowo Subianto menang atas Joko Widodo namun pada kenyataannya sebaliknya. “Suara warga Jakarta itu sulit diprediksi, mudah berpindah-pindah pilihan,” tukas mantan peneliti CSIS tersebut.

Warga Jakarta menginginkan pemimpin baru yang tidak menindas rakyat kecil. Ada banyak program pemerintah daerah yang masih belum dirasakan oleh warga, seperti KJP yang masih belum maksimal, masalah sampah, air bersih, hingga ketakutan akan penggusuran. Karena itu, warga percaya dan ingin Anies-Sandi menjadi Gubernur Jakarta selanjutnya.

Sementara itu, pembicara lainnya, Reiza Patters, mengajak warga untuk memilih gubernur yang memiliki program bagus dan mengutamakan kepentingan rakyatnya. Gubernur yang membangun Jakarta bersama-sama, tanpa ada lagi rakyat kecil yang menjadi korban pembangunan.

“Di pemukiman padat, akan dibangun fasilitas untuk warga, seperti balai warga, lapangan, taman, rusun, sesuai dengan tujuan Anies-Sandi untuk membahagiakan warganya. Bila nantinya ada bangunan yang akan dibongkar, warga akan menempati rusun yang dibangun di tanah yang sama, tidak akan dipindah ke tempat lain. Rekam jejak Anies-Sandi sudah sangat jelas dalam pengingkatan kualitas manusia,” jelas aktivis lingkungan tersebut.

Warga Jakarta kini semakin realistis dalam menentukan pilihannya. Sosok Anies-Sandi diyakini dapat membawa Jakarta yang baru, bersama meningkatkan kualitas manusianya. Warga bahkan bersedia bergerak bersama relawan Anies-Sandi demi mewujudkan Jakarta baru. Dengan meningkatnya kesadaran dan kepercayaan dari masyarakat, bisa dipastikan peluang Anies-Sandi menjadi pemimpin Jakarta selanjutnya sangat besar.

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.