Janji Anies untuk Lansia di Jakarta

Calon gubernur nomor urut tiga, Anies Baswedan berjanji akan memberikan jaminan hari tua bagi para warga lanjut usia di Jakarta.

Jakarta, CNN Indonesia - Calon gubernur nomor urut tiga, Anies Baswedan berjanji akan memberikan jaminan hari tua bagi para warga lanjut usia di Jakarta. Jaminan hari tua yang diberikan berupa bantuan uang tunai per bulan, layanan kesehatan dan transportasi gratis.

"Kami akan berikan tunjangan tunai hari tua yang besarnya Rp300 ribu per bulan, untuk lansia," kata Anies di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (17/1).

 

Jaminan hari tua yang diberikan berupa bantuan uang tunai per bulan, layanan kesehatan dan transportasi gratis

 

Tunjangan per bulan itu, kata Anies, digunakan untuk membantu meringankan biaya hidup sebagai hal mendasar yang harus dipenuhi para lansia. Adapun kriteria yang termasuk lansia adalah warga di atas usia 60 tahun.

Untuk mekanisme pencairannya, Anies menjelaskan, para lansia akan dibuatkan rekening untuk dapat menerima dana tersebut melalui transfer.

Namun, menurutnya siapa saja pemegang rekening yang akan menerima bantuan masih akan dikaji. Pengkajian lanjutan ini termasuk rentang waktu pencairannya.

"Tiga bulanan atau enam bulanan nanti kami atur. Kadang-kadang orang tua repot cairkan pensiun, kami siapkan petugas untuk antar ke rumah masing-masing," kata Anies.

Selain bantuan tunai, Anies mengungkapkan baha dia akan memberikan layanan kesehatan gratis dan layanan darurat, dengan sistem jemput bola bagi para lansia. Hal itu, kata dia, akan memudahkan penanganan kesehatan para lansia.

Tak hanya itu, Anies menambahkan, para lansia akan mendapat layanan transportasi gratis yang terintegrasi dengan sistem transportasi publik massal di Jakarta.

"Semua warga lansia yang punya KTP Jakarta akan dapatkan semua secara gratis. Enggak ada kuota. Dan syaratnya mereka yang secara sosial ekonomi berada dalam strata ekonomi lemah," ujar Anies. (chs)


Program Terkait:

Baca Program Anies-Sandi tentang Program Khusus Lansia: Tunjangan Hari Tua.


Sumber: http://www.cnnindonesia.com/kursipanasdki1/20170117213501-516-187040/janji-anies-untuk-lansia-di-jakarta/

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.