Keluarga Baswedan

AR Baswedan dan Barkah, kakek dan nenek Anies, banyak memberikan inspirasi pada perjuangan Anies hingga hari ini.

Jika kita teliti, nama Baswedan telah tercatat dalam sejarah sejak awal kemerdekaan Indonesia. Nama Abdurrahman (AR) Baswedan, kakek Anies Baswedan, adalah salah satu pendiri Republik Indonesia. Dia menjabat sebagai Menteri Muda Penerangan. Tidak main-main, AR Baswedan merupakan seorang pejuang kemerdekaan, sekaligus jurnalis, sastrawan dan diplomat Indonesia. Dua tahun pasca kemerdekaan Indonesia, beliau bersama Menteri Muda Luar Negeri H. Agus Salim, aktif mencari dukungan dan pengakuan dari negara-negara lain atas kemerdekaan Indonesia. Pengakuan merupakan hal paling penting bagi sebuah negara yang baru merdeka.

AR Baswedan memiliki seorang istri yang juga berjiwa pejuang. Barkah Ganis memiliki semangat juang untuk membela hak-hak wanita yang kala itu masih sangat terbatas. Barkah adalah seorang aktivis sejati yang sering memimpin gerakan-gerakan perempuan, bahkan ikut menyusun Undang-Undang tentang Hak Perempuan Dalam Peradilan Agama. Beliau juga dijuluki sebagai Ibunya teater dan seniman di Yogyakarta, dia juga ibu dari pergerakan Pelajar Islam Indonesia (PII) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Yogyakarta.

AR Baswedan dan Barkah, kakek dan nenek Anies, banyak memberikan inspirasi pada perjuangan Anies hingga hari ini.

Tidak hanya harum di perjuangan kemerdekan Indonesia, nama keluarga Baswedan juga memiliki kontribusi di dunia pendidikan. Rasyid Baswedan, adalah mantan Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia. Istrinya Aliyah, merupakan Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta. Keduanya adalah Ayah dan Ibu Anies yang kini kita kenal sebagai mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Calon Gubernur DKI Jakarta. Darah pejuang dan pendidik mengalir dalam darahnya, menjadikan Anies Baswedan memiliki karakter kepemimpinan yang luar biasa.

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.