Kunjungi Rusun Kebon Kacang, Warga Keluhkan HGB yang Jatuh Tempo

Jakarta - Warga menyambut meriah kedatangan Anies ke Rusun Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (13/12/2016) dengan yel-yel, musik dan flash mob. Ketua RW 1, Amir Hasan, dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada Anies Baswedan karena menjadi cagub pertama yang mendatangi warga secara langsung di masa kampanye pilkada Jakarta tahun ini.

Pada kesempatan tersebut, Anies kembali memaparkan 3 alasan utama mengapa warga Jakarta harus memilihnya. Pertama adalah lapangan kerja untuk semua dalam mengatasi permasalahan pengangguran. Selanjutnya adalah kebutuhan pokok dengan harga yang murah agar warga dapat menjangkaunya. Dan terakhir, pendidikan tuntas, bermutu, dan gratis bagi seluruh anak-anak Jakarta. "Supaya dari keluarga miskin bisa sejahtera, bisa naik kelas. Dan dari keluarga yang makmur memiliki pilihan. Mau menyekolahkan di sekolah negeri atau swasta. Kualitas sama," papar Anies

Selanjutnya secara khusus, warga berinteraksi dengan menyampaikan aspirasi dan tanggapannya kepada Anies. Salah satunya adalah masalah Hak Guna Bangunan (HGB) rusun warga yang telah jatuh tempo sejak tahun 2012. "(Kami) sudah 30 tahun tinggal di gedung ini, harusnya ada peningkatan kualitas. Tapi HGB sudah habis 2012. Kami minta diperpanjang dulu baru peningkatan kualitas. Selama ini, gubernur Jakarta telah berjanji untuk perpanjangan itu namun tidak dilaksanakan. Karenanya jika bapak terpilih, kami minta dijembatani," ujar salah satu warga yang diamini oleh warga lainnya.

Mendengar aspirasi tersebut, pria yang pernah menjabat sebagai ketua komite etik KPK ini menekankan visinya yaitu warga Jakarta yang bahagia. Kebahagiaan itu, sambung Anies, bisa diperoleh melalui perasaan aman dan ketenangan termasuk dalam hal papan (rumah). Selama ini, Anies menilai bahwa sebagian warga gelisah dengan kata gusur. "Karena itu, penanggung jawab itu harus dibuat terbuka termasuk persoalan rusun. Siapa yang bertanggung jawab atas urusan apa itu harus diketahui. Kalau tidak jelas kan tidak ketahuan," terang Anies.

Sebagai solusi atas HGB dan rusunawa yang ditempati warga selama ini, Anies berencana mengadakan kerja sama dengan pihak BUMN untuk menyediakan skema rumah bagi warga. Secara bertahap, rusunawa akan beralih fungsi menjadi rusunami. HGB sendiri akan berusaha dijembatani Anies dengan pihak terkait bila nantinya ia terpilih. "Kita akan buat skema dan peraturannya," tegas mantan Menteri Pendidikan tersebut kepada awak media.

Selain sosialisasi dan mendengarkan aspirasi warga, Aniespun turut serta melakukan flash mob bersama warga sebagai penutup dari rangkaian kegiatan kampanye hari ini. Anies sendiri mengaku senang dengan semangat dari warga rusun Kebon Kacang. "Selama ini, warga merasa dilupakan karena yang menjadi gubernur hanya memikirkan kota Jakarta. Karena itulah kami mengusung maju kotanya bahagia warganya. Insya Allah silaturahminya tidak akan putus (jika nantinya terpilih)," tutup Anies.(RID)

 


Anies-Sandi Media CenterĀ 

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.