Netizen Gathering #5: Jangan Takut Memulai Usaha Sendiri!

Bagaimana solusi untuk mengatasi masalah pengangguran dan ketersediaan lapangan pekerjaan? Seperti apa bentuk pendampingan yang relevan untuk anak muda yang ingin memulai usaha? Itulah beberapa pertanyaan yang coba dijawab oleh para peserta Netizen Gathering #5.

Berdasarkan hasil riset Jakarta Dalam Angka tahun 2016, rasio penempatan kerja di DKI Jakarta hanya 20.05%. Hal ini menggambarkan sulitnya mendapatkan lapangan kerja di Jakarta. Bagaimana solusi untuk mengatasi masalah pengangguran dan ketersediaan lapangan pekerjaan? Seperti apa bentuk pendampingan yang relevan untuk anak muda yang ingin memulai usaha? Itulah beberapa pertanyaan yang coba dijawab oleh para peserta Netizen Gathering #5 yang diselenggarakan oleh simpul relawan Maju Bersama di Pondopo Relawan Anies-Sandi Jl. Brawijaya, Jakarta (16/12).

Hadir sebagai pembicara, Faran Jaya (start-up coach, pengusaha) dengan moderator Ahmad Aziz (Sociopreneur, community engagement campaign.com). Faran mengkritik para pebisnis di Indonesia yang hanya fokus pada keuntungan aja. Kadang mereka lupa untuk melihat apakah bisnis itu logis atau tidak. Lupa memikirkan bagaimana meyakinkan pemodal kalau uangnya bakalan balik. Akibatnya, seringkali bisnis hancur di awal. "Tantangan pebisnis pemula adalah meyakinkan pemilik modal," kata Faran.

Koordinator acara, Fidella Anandhita menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung tumbuhnya enterpreneurship di masyarakat Jakarta, pasangan Anies-Sandi memiliki program One Kecamatan, One Centre of Entrepreneurship atau disingkat OK-OCE.

"OK-OCE merupakan sebuah gagasan untuk membangun pusat pengembangan kewirausahaan di setiap kecamatan. Harapannya satu kecamatan akan ada satu tempat inkubasi bisnis dikembangkan untuk mendukung usaha warga," ujar Fidella.

Ok-OCE akan menjadi program unggulan pasangan Anies-Sandi untuk mendukung lahirnya 200.000 pengusaha baru jika mereka terpilih memimpin Jakarta 15 Februari 2017 nanti.

Acara Netizen Gathering rutin diselenggarakan oleh simpul relawan Maju Bersama setiap hari Jum’at malam. Saat ini Netizen Gathering sudah memasuki minggu ke lima. Topik kepengusahaan ternyata menyedot perhatian. Perserta yang datang berasal dari berbagai latar belakang. Ada pengusaha muda, mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga, karyawan, dan sebagainya. Rupanya ide untuk membuka lapangan kerja sendiri menarik minat banyak orang. Di akhir acara, Faran menantang agar ide bisnis yang sudah mereka cetuskan, dapat berjalan. “Tidak hanya berhenti sampai di pelatihan ini,” tutup Faran.


Program terkait:

Baca program Anies-Sandi tentang Membuka Akses Lapangan Kerja & Membangun Kewirausahaan.

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.