Peluncuran Logo Salam Bersama

Pada peluncuran logo #SalamBersama, Anies-Sandi menjelaskan makna dan inspirasi logo tersebut.

Sejarah Salam Nasional

“Merdeka!” Pekikan penuh semangat ini biasanya diucapkan sambil mengepalkan telapak tangan. Tetapi tahukah anda, pekik kemerdekaan dilakukan bukan dengan mengepalkan tangan, melainkan membukanya. Salam nasional diresmikan oleh mantan Presiden Soekarno melalui Maklumat tanggal 31 Agustus 1945.

“Pada 1 September 1945 saya menetapkan supaya setiap warga negara Republik memberi salam kepada orang lain dengan mengangkat tangan, membuka lebar kelima jarinya sebagai pencerminan lima dasar negara dan meneriakkan Merdeka!” kata Bung Karno. Untuk memopulerkan salam ini, Bung Karno melibatkan sineas Kotot Soekardi yang membuatkan film dokumenter tentang cara melakukan salam dan maknanya.

 

Filosofi #SalamBersama

Kamis, 20 Oktober 2016, Anies dan Sandi resmi meluncurkan logo untuk pemilihan gubernur. Tak ada foto mereka. Logonya berupa gambar sebuah telapak tangan terbuka, berwarna putih dengan garis merah. Di sebelahnya ada tulisan Salam Bersama. Logo ini terinspirasi salam nasional yang diresmikan Bung Karno. Hingga kini salam nasional masih berlaku. Anies dan Sandi memopulerkannya kembali lewat #SalamBersama.

Makna logo #SalamBersama menyiratkan banyak hal. Anies dan Sandi tidak memasang foto karena mereka tidak hanya membicarakan tentang kemenangan diri sendiri, tetapi juga kemenangan masyarakat Jakarta. Gambar telapak tangan terbuka menjadi simbol keterbukaan untuk menyatukan semua elemen masyarakat. Kelima jari tangan yang berbeda menggambarkan latar belakang warga Jakarta yang beraneka ragam. Singkatnya, Anies dan Sandi bukan sekedar mengajak membangun kota Jakarta, tetapi juga membangun masyarakatnya.

 

Cara Melakukan Salam Bersama

Salam Bersama yang dipopulerkan Anies-Sandi terinspirasi dari Salam Nasional yang ditetapkan oleh mantan Presiden Soekarno. Sambil melakukan salam nasional, masyarakat meneriakkan kata Merdeka!

 

  

Ayo saling sapa warga Jakarta dengan #SalamBersama. Berikut adalah cara melakukan salam bersama:

  1. Angkat telapak tangan kanan sejajar dengan telinga, tidak lebih dari kepala.
  2. Hadapkan telapak tangan ke depan dengan posisi ujung jari miring ke arah wajah
  3. Kelima jari direnggangkan dengan santai
  4. Sapa orang lain sambil tersenyum

 

Berita terkait:

Kompas - Anies-Sandiaga Luncurkan Logo "Salam Bersama" yang Terinspirasi dari Bung Karno

Detik - Anies-Sandi Luncurkan Logo Resmi untuk Pilgub DKI, Ini Maknanya

Suara - Logo Anies-Sandi Kenapa Bukan Foto Mereka, Malah Telapak Tangan?

Video:

Tahun 1945, Bung Karno mengajak sineas Kotot Soekardi membuat film dokumenter tentang cara melakukan Salam Nasional.

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.