Program Community Centre Ruang Bersama Jakarta (RBJ)

Perlunya ruang pusat interaksi warga yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti coworking space, tempat bermain anak, pusat aktivitas lansia, dll.

Kebijakan Pemprov Saat Ini

  1. Kantor-kantor administratif seperti kantor kelurahan dan kantor kecamatan menjadi hanya untuk hal-hal administratif yang jauh dari pusat-pusat aktivitas warga yang positif dan menyenangkan.
  2. Banyaknya potensi pemanfaatan ruangan/bangunan kantor-kantor kecamatan dan kelurahan untuk kegiatan-kegiatan warga.
  3. Saat ini, Pemerintah DKI telah membangun beberapa Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dengan menggandeng program CSR beberapa perusahaan. Tantangan utama dengan pendekatan ini adalah:
    1. Sulitnya dibuat dalam jumlah banyak karena lahan terbatas dan mengadakan lahan membutuhkan biaya mahal.
    2. Mengapa tidak memanfaatkan lahan yang telah ada?

 

Solusi/Terobosan

Mendirikan community center “Ruang Bersama Jakarta.”

  1. Ruang Bersama Jakarta akan dibangun di setiap kelurahan dan menjadi ruang pusat interaksi warga sekitar.
  2. Dalam pengembangannya, Ruang Bersama Jakarta akan melibatkan masyarakat sekitar, untuk memastikan kesesuaian antara fasilitas RBJ dengan kebutuhan masyarakat selaku pengguna RBJ.
  3. Kegiatan-kegiatan/sarana yang dapat dilakukan di Ruang Bersama Jakarta ini antara lain:
    1. Kegiatan: Perpustakaan, ruang bermain anak, kegiatan pemutaran film bersama
    2. Pemberdayaan dan Pusat Aktivitas Lansia: Individu-individu yang telah berjasa bagi Kota Jakarta maupun Indonesia dalam berbagai bidang di masa lampau, diajak untuk menjadi mentor bagi pemuda-pemuda di berbagai kegiatan komunitas. Pemberian tunjangan bagi warga senior yang telah terbukti berjasa bagi kota dan bangsa.
  4. Co-working Space, sebagai bagian dari entrepreneurship center.
    1. Dalam rangka menciptakan 200 ribu wirausaha di Jakarta, di setiap kecamatan akan dibangun satu wahana kerja bersama yang memiliki fasilitas pusat belajar masyarakat, bengkel, galeri dan ruang kerja bersama yang dilengkapi fasilitas ruang rapat, serta fasilitas perkantoran yang mendukung.
    2. Menyediakan mentoring bagi calon wirausaha-wirausaha yang akan memulai bisnis pertamanya.
    3. Selain menyasar calon-calon wirausaha, Wahana Kerja Bersama Jakarta juga menyediakan fasilitas konseling karier bagi pencari kerja.