Relawan Anies-Sandi Gandeng Ratusan Peneliti Muda untuk Riset Partisipatif

Tugas utama relawan peneliti muda ini adalah mengadakan riset tentang problem-problem pokok komunitas. Harapannya, masalah yang berakar pada kemiskinan, kesenjangan, keterbelakangan, dan penurunan daya dukung lingkungan dapat diangkat melalui riset-riset para peneliti.

JAKARTA, KOMPAS.com - Koordinator relawan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, Chozin Amirullah, mengaku tengah menyiapkan ratusan peneliti muda untuk berpartisipasi dalam sebuah riset partisipatif. Riset itu dilakukan guna mengetahui apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan oleh komunitas-komunitas di Jakarta. 

"Tugas utama relawan peneliti muda ini adalah mengadakan riset tentang problem-problem pokok komunitas. Harapannya, masalah yang berakar pada kemiskinan, kesenjangan, keterbelakangan, dan penurunan daya dukung lingkungan dapat diangkat melalui riset-riset para peneliti," kata Chozin, melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (22/11/2016). 

Chozin menjelaskan, riset akan tertuju pada warga di tingkat kelurahan hingga jajaran RW di Jakarta. Untuk itu, diperkirakan butuh sekitar ratusan hingga ribuan peneliti muda untuk melaksanakan riset tersebut. "Ada 267 kelurahan dan 2.900-an RW di Jakarta. Jika cakupan penelitian sampai ke level RW, maka diperlukan rekruitmen sekitar 2.900 relawan," tutur Chozin. 

Menurut Chozin, pihaknya masih mencari skema bantuan dana riset bagi para peneliti muda tersebut. Namun, dia belum menjelaskan lebih lanjut skema seperti apa yang dimaksud dan yang nanti diterapkan dalam riset ini. Adapun riset tersebut akan dikemas dan dipublikasikan melalui berbagai media seperti buku, jurnal, website, blog, hingga video-video tematik dengan durasi singkat. 

"Hasil-hasil penelitian akan menjadi bahan kajian bersama komunitas dan menjadi salah satu bahan pokok perencanaan komunitas, sampai pada akhirnya sebagai bahan kebijakan bagi Pemprov DKI Jakarta," ujar Chozin.

sumber : http://megapolitan.kompas.com/read/2016/11/22/22143771/relawan.anies-sandi.gandeng.ratusan.peneliti.muda.untuk.riset.partisipatif

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.