Sambil Ngabuburit, Anies Duet dengan Habib Luthfi Nyanyikan Padang Bulan

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu malam (29/3).

PEKALONGAN - Padang mbulan, padange koyo rino.

Rembulane sing ngawe-awe.

Ngelengake, ojo turu sore.

E, kene tak critani, kanggo sebo mengko sore.

Petikan lirik Padang bulan itu dinyanyikan Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPP Gerindra Jawa Tengah Abdul Wachid. Alunan lagu itu semakin syahdu karena ditemani permainan denting organ tunggal dari seorang ulama besar di Indonesia, Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya.

Keduanya benar-benar merasa beruntung ketika mendapatkan kesempatan berduet langsung dengan Habib Luthfi saat menemani beliau ngabuburit di kediamannya, Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu sore (29/3). 

"Habib Luthfi memang sedang berpuasa hari ini dan kita menemani beliau menunggu azzan maghrib dengan bermain musik," ucap Anies sebelum masuk studio pribadi milik Habib Luthfi.

Usai masuk studio, Anies segera memegang selembar kertas berisi lirik. Maklum, Mantan Mendikbud itu masih belum seberapa hafal lagu Padang Bulan versi Habib Luthfi itu. Terlihat pula sang habib yang duduk siap memainkan musik. Mereka kemudian berduet melanjutkan kembali lagu tersebut.

Usai memainkan lagu sekitar 10 menit akhirnya azan maghrib pun berkumandang dan mereka pun bersiap berbuka puasa. Dengan sajian kopi, kurma, dan singkong sudah cukup menghangatkan suasana. Di sela jamuan makan itu Habib Luthfi memberi pertanyaan menarik tentang musik.

"Apa yang keistimewaan musik?" tanya Habib Luthfi yang membuat seluruh orang di studio berpikir keras untuk menjawabnya. "Setiap lagu dan melodi di dunia ini tercipta dari 12 not dan itu tidak ada habisnya apapun jenis musiknya," jelas Habib. Penjelasan dari Habib Luthfi itu seolah membuka keistimewaan yang tidak disadari sebelumnya.

Sementara itu bagi Anies, berduet dengan Habib Lutfi terasa sangat spesial, karena memang pada awalnya inisiator Indonesia mengajar itu hendak bersilahturahmi saja. "Seperti kita tahu Habib Luthfi seorang musisi dan penyair, sehingga saya sangat senang bisa menyanyikan lagu Pdahang Bulan bersama beliau," ungkap Anies.

Anies bahkan mengungkapkan, dirinya akan membuat rekaman untuk menyanyikan lagu padang bulan. "Tadi udah boleh kok kalau kami membuat lagu padang bulan versi kita," ucapnya. (NG)

ANIES-SANDI MEDIA CENTER


BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.