Sandiaga Uno Berbagi Tips Sukses Jadi Pengusaha ke Mahasiswa USU

Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno melanjutkan perjalanannya di Medan yakni ke Universitas Sumatera Utara (USU). Ia memberikan kuliah umum Komunikasi Bisnis Sebagai Elemen Penting Dalam Kewirausahaan.

Medan - Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno melanjutkan perjalanannya di Medan yakni ke Universitas Sumatera Utara (USU). Ia memberikan kuliah umum Komunikasi Bisnis Sebagai Elemen Penting Dalam Kewirausahaan.

Sandi tiba di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU sekitar pukul 09.00 WIB, Kamis (18/5/2017). Sandi yang tiba kemudian langsung menyapa seratusan mahasiswa yang telah menunggu.

"Ini nggak ada hubungannya dengan politik dan Pilkada," kata Sandi sambil tersenyum saat membuka kuliah umum yang kemudian diikuti tepuk tangan.

Sandi menyampaikan sejumlah data dalam kuliahnya. Ia menyebut, teknik berkomunikasi yang baik adalah ketika seseorang berbicara, pendengar haruslah mendengar dan jangan berbicara.

"Kita berkomunikasi. Kita mampu berkomunikasi bila kita menjadi pendengar yang baik. Wirausaha yang sukses yaitu bisa berkomunikasi efektif," ujarnya.

Sandi juga membeberkan, ada 3 cara komunikasi berwirausaha yang efektif. Ketiga cara jitu menurutnya yakni jelas, empati dan menciptakan dampak.

"Ini bukan nomor saat Pilkada," kata Sandi yang kembali tersenyum lalu disambut gelak tawa yang hadir.

Ia kemudian mengajak mahasiswa untuk bertanggung jawab ketika mengunggah sesuatu di media sosial.

"Mem-posting pesan itu harus jelas dan bukan hoax. Bangsa ini maju kalau punya empati. Apa yang di posting harus berdampak positif," sebut Sandi.

"Hal yang luar biasa akan terjadi ketika anda mendengarkan konsumen. Saya berpengalaman 20 tahun (menjadi pengusaha). Pengusaha berhasil karena berkomunikasi dengan baik," katanya mengakhiri.

(mkj/mkj)

Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3504471/sandiaga-uno-berbagi-tips-sukses-jadi-pengusaha-ke-mahasiswa-usu

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.