Zulfan, Gerakkan Ratusan UKM Online Dari Kursi Roda

Pak Zulfan ingin mengubah paradigma penyandang disabilitas, bahwa kekurangan bukan menjadi penghalang untuk meraih sukses.

Zulfan Dewantara, pria berusia 46 tahun yang duduk di kursi roda ini adalah satu dari banyak penggerak kota di Jakarta. Zulfan ingin mengubah pandangan penyandang disabilitas bahwa kekurangan yang dimiliki bukan menjadi halangan untuk sukses. Lulusan Sekolah Tinggi Akutansi Negara ini menjadi penggerak lebih dari lima ratus penjual online.

Video singkat perjuangan Pak Zulfan:


“Selain menggerakkan orang untuk berwirausaha, saya juga mengadakan pelatihan di kampus-kampus dan komunitas, tentang pemasaran digital kepada pengusaha pemula yang ingin membuka lapak secara online,” kata Zulfan.

Pelatihan ini diharapkan mampu melahirkan sebanyak-banyaknya pengusaha, termasuk dari penyandang disabilitas. Tidak hanya itu, Zulfan juga mendirikan komunitas pengusaha online khusus penyandang disabilitas yang anggotanya berada di seluruh Indonesia. Zulfan ingin menjadi inspirasi dan memandu mereka yang ingin serius menjalani profesi seperti dirinya.

Pengelolaannya yang mudah dan dapat dilakukan dimana saja membuat Zulfan memilih menjalani profesi sebagai digital marketing. Dibantu oleh istrinya, kegiatan bisnis Zulfan dimulai jam 06.00 hingga jam 24.00 WIB.

Zulfan mengajarkan kepada kita, bahwa seseorang mungkin saja berada pada titik terendah dalam hidup seperti yang pernah dialaminya, namun dia berhasil menemukan titik balik kehidupannya. Pada awalnya pelatihan ditujukan hanya kepada penyandang disabilitas, namun justru banyak diminati oleh berbagai kalangan. Hingga akhirnya kini Zulfan menggerakkan orang lain untuk maju bersama.

Menurut pria yang hobi membaca ini, hidup adalah tantangan untuk menggerakkan orang-orang yang memiliki keterbatasan seperti dirinya. Zulfan sudah membuktikan bawa dirinya berhasil. Dia menambahkan, orang yang dibantunya dan kini menjadi pengusaha, bukanlah saingan melainkan teman-teman yang ingin maju bersama.

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.