Kunjungi Rusunawa Pesakih, Anies Janjikan Program Kepemilikan Rumah Untuk Semua Warga

Warga kawasan Rusunawa Pesakih, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat terlihat antusias ketika cagub bernomor urut 3, Anies Baswedan mengunjungi mereka pada sore hari, Senin (28/11/2016).

Jakarta - Dalam kunjungannya tersebut, Anies menerima aspirasi warga yang diwakili oleh Rover Joy Kasakeyan. Sebagian besar warga rusunawa yang merupakan korban penggusuran menginginkan status rusunawa menjadi rusunami. Artinya, kepemilikan rusun yang selama ini disewakan menjadi kepemilikan pribadi yang bersifat tetap.

Menanggapi aspirasi tersebut, Anies telah merencanakan kerja sama antara BUMN dan Pemda mengenai kredit rumah murah yang diperuntukkan di dalam rusun maupun warga di luar rusun. "Intinya adalah kita ingin warga jakarta bisa memiliki rumah, baik di tanah yang fungsinya-statusnya hak milik maupun statusnya hak guna. Jadi dengan begitu, maka warga-warga di jakarta ini bukan hanya selalu menyewa tapi mereka juga bisa memiliki rumah," terang Anies

Mantan Menteri Pendidikan ini berpandangan bahwa program pengadaan rumah bagi warga adalah tentang keadilan. Keadilan menurut Anies dapat diperoleh salah satunya dengan kepemilikan aset. "Sekecil apapun aset itu, itu dia berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan," imbuh Anies.

Bagi Anies, walaupun dengan sistem kredit, mereka yang memiliki rumah akan mendapatkan peningkatan nilai/harga dalam beberapa tahun ke depan. Sedangkan mereka yang tidak memiliki rumah, mereka tidak mempunyai peningkatan aset. "Karena itu demi keadilan, maka program kita harus pada pengadaan aset bagi warga, termasuk di antaranya aset rumah," papar mantan Rektor Paramadina ini.

Anies berharap tidak akan ada sistem sewa lagi yang dibebankan ke warga Jakarta. Jaminan inipun tidak hanya dilakukan di rumah susun tapi untuk seluruh warga Jakarta. "Nanti kita pun bertahap berubah kepemilikan dari rusunawa menjadi rusunami. Kita akan mengarah ke sana. Program kepemilikan akan dilakukan di seluruh Jakarta," tutup Anies.


Program terkait:

Baca program Anies-Sandi tentang Perumahan Murah.

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.